FTUI Bangun Lab Kendali

Image result for lab bahasa

Laboratorium bahasa –¬†Universitas Indonesia (UI) berprofesi sama dengan Honeywell membangun lab kendali di Fakultas Teknik UI ( FTUI), Depok. Lab ini memakai sistim dan perangkat lunak Honeywell Building Technologies untuk mengatur beragam fasilitas di sebagian gedung fakultas teknik. “Ini memungkinkan mahasiswa dan dosen belajar dan melaksanakan memaksimalkan sistim gedung pandai memakai modul dan perangkat lunak hal yang demikian. Berkeinginan tidak berharap, sebab lab ketika ini telah patut mencontoh perkembangan teknologi yang kian canggih dalam era revolusi industri 4.0 yang membikin teknologi isu menjadi basis pada segala lini,” kata Rektor UI Prof Muhammad Anis dalam sambutannya, Kamis (1/3/2018).

Masifnya penerapan dunia online dan penerapan teknologi komputerisasi, lanjut Anis, mewujudkan penerapan kekuatan komputasi dan data yang tak terbatas (unlimited) dan semua hal makin jadi tidak batas (borderless) hal yang demikian semakin banyak mendisrupsi beragam kegiatan manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta pengajaran tinggi atau diketahui dengan fenomena disruptive innovation. “Ini dapat diamati pada pola-pola ekonomi komputerisasi, penerapan big data, robot dan banyak lagi sehingga perguruan tinggi juga dituntut untuk cakap mewujudkan jebolan berkwalitas pantas perkembangan itu dan dapat mengurangi devisit SDM di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika,” ujar Anis.

Lab kendali hal yang demikian memakai teknologi layanan gedung terkoneksi berbasis komputasi awan (cloud-based Connected Building services), sistim manajemen gedung, teknologi gedung pandai dengan kecakapan antar-muka visual dan intuitif, serta sistim keamanan dan anti-kebakaran terpadu. Roy Kosasih, Presiden Honeywell Indonesia, mengatakan pembangunan lab di FTUI ini ialah komponen dari upaya mempromosikan STEM di Indonesia. Kecuali UI, kerjasama hal yang demikian juga telah dikerjakan untuk membangun lab teknologi kendali progres di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2016 lalu.

“Pertumbuhan Indonesia di ASEAN benar-benar bagus dan pembangunan akan terus meningkat sehingga situasi ini akan memerlukan banyak insinyur yang handal dan siap berprofesi di industri,” sebut Roy. Dekan FTUI, Dr Hendri DS Budiono mengatakan bahwa lab ini akan menjadi skor tambah bagi program teknik, lebih-lebih sebab mahasiswa dapat bisa mempelajari teknologi terupdate dari industri otomasi gedung dan sistim kendali. “Harusnya fasilitas ini dapat menolong mahasiswa belajar dan memaksimalkan sistim software dan hardware dengan memakai modul-modul terupdate di sini sehingga bila lulus nanti mereka telah lebih siap memenuhi tuntutan industri berkaitan,” kata Hendri.

 

 

Artikel terkait : Lab bahasa inggris