Surga di Pelosok Sumba

sumba

Wisata Sumba – Terbukti masih banyak lokasi liburan tersembunyi di Ibu pertiwi. Seperti liburan danau Weekuri di Kabupaten Sumba Barat Tenaga, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya yang terpencil, nama Danau Weekuri bahkan tak akrab di alat pendengar pelancong. Asing ataupun dalam negeri.

Danau Weekuri berlokasi di Desa Moromanduyo, Kecamatan Kodi Utara, sekitar 60 kilometer utara Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Tenaga. Nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Sebutan ini sebab danau Weekuri terwujud dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga menyusun laguna tersendiri. Oleh sebab itu Danau Weekuri ialah danau air asin.

Di lokasi, pengunjung bisa menyaksikan danau dan laut lepas sekalian dari satu spot ketinggian di antara bebatuan karang. Di Weekuri pula, pengunjung dapat menyaksikan terjangan gelombang laut yang memecah karang, buih-buihnya menerobos terowongan dan jeda-jeda karang menyusun danau nan hijau.

Seperti diinfokan dari Antara, Senin 20 Agustus 2018, di danau Weekuri, pengunjung dapat bermandi ria dan berenang sepuas-puasnya. Sebab kadar garamnya tinggi, orang bahkan dapat mengapung tanpa sepatutnya memakai pelampung dalam waktu cukup lama.

Warga sekitar, Oktavianus Dadu, mengatakan, bagi yang kurang mahir berenang tidak perlu kuatir. Karena warga sekitar juga menyiapkan ban kendaraan beroda empat untuk berenang tanpa mematok harga.

“Orang di desa ini menyebutnya danau air asin sebab airnya berasal dari air laut yang masuk lewat lubang-lubang batu karang yang memisahkan laut dengan danau,” sebut ia.

Danau Weekuri juga dikelilingi batuan indah yang acap kali dibuat daerah berteduh. Ada pula batuan gua yang menyusun bundaran seolah melindungi danau itu dari terjangan gelombang laut. Batuan gua yang berbentuk oval dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar 50 meter itu membikin danau lebih hening dan tak berombak.

Estetika tak stop disitu. Sebagian spot air di Danau Weekuri mempunyai gradasi warna yang indah. Ada yang berwarna biru, kehijauan, sampai putih yang berasal dari pantulan dasar danau.