Gencarnya Promosi Ekonomi Indonesia di Bavaria Jerman

Jerman komponen selatan, KJRI Frankfurt menjalankan promosi menyajikan kesempatan bisnis di Indonesia terhadap para pelaku usaha negara komponen Bavaria bertempat di kota Nürnberg pada tanggal 31 Januari 2019. Negara Komponen Bavaria dipilih sebagai daerah promosi sebab adalah negara komponen dengan ekonomi terbesar kedua di Jerman dan adalah salah satu sentra Industri teknologi maju.

Dalam pengantarnya berdasarkan siaran pers KJRI Frankfurt yang diterima, Konjen RI memperkenalkan update terupdate perihal perkembangan ekonomi Indonesia, terpenting berhubungan fasilitas tax holiday bagi Pemodal asing dan one single submission untuk memperlancar cara kerja perijinan. Konjen RI mendukung pelaku usaha yang hadir untuk memperhatikan kesempatan baru di Indonesia sementara terdapat tantangan bagi ekonomi Jerman sebagai pengaruh perang dagang AS – RRT dan terjadinya Brexit.

Acara promosi hal yang demikian dikemas dalam wujud forum bisnis “Indonesian Network Gathering” bertempat di gedung IHK (Industrie und Handelskammer/Kamar Dagang dan Industri) Nürnberg di kota Nürnberg.

Para pejabat dari IHK dan pelaku usaha di kawasan Nürnberg dan sekitarnya hadir dengan antusias pada acara hal yang demikian, di antaranya merupakan pelaku usaha yang bergerak di bidang importir bahan makanan organik, pengusaha solar energy, printing, industri komputerisasi (pengembang virtual reality), jasa logistik, sampai produksi almunium. Dalam acara promosi hal yang demikian disampaikan menu makan siang khas Indonesia dari Kafe Borobudur yang bertempat di kota Nürnberg.

Terdapat sebagian kesempatan kerjasama bisnis antara sebagian pelaku usaha yang hadir dengan Indonesia, di antaranya atensi pelaku usaha yang bergerak di bidang Industri komputerisasi untuk berinvestasi di Indonesia.

Importir bahan makanan organik berniat untuk membeli produk organik dari Indonesia. Pelaku usaha solar energy mau mencari partner bisnis di Indonesia. Kecuali itu, terdapat pula usul dari pelaku usaha yang sudah mempunyai sentra produksi di Indonesia berhubungan pembenaran governance dalam perijinan pekerja asing.

Peluang keseluruhan, KJRI Frankfurt mendapatkan reaksi yang benar-benar positif dari pihak IHK dan para peserta atas acara promosi hal yang demikian. IHK Nürnberg mengukur acara Network gathering oleh KJRI Frankfurt yang dikemas secara informal disertai sajian bermacam makanan Indonesia adalah wujud promosi baru di kawasan ini.

Sebagai tindak lanjut, IHK Nürnberg akan mengundang Konjen RI Frankfurt untuk menjalankan kembali promosi pada acara Asia-Pacific Business Forum yang diadakan pada bulan Juli 2019 di kota Nürnberg.