Cara Menidurkan Bayi Dengan Nyaman di Dalam Stroller

Salah satu alasan mengapa kita perlu membeli stroller anak yaitu kenyamanan yang dapat diberi kereta dorong ini terhadap buah hati tercinta. Dengan berjalan-jalan menggunakan kereta dorong, bayi bisa beristirahat dan tidak lelah apabila berjalan kaki atau digendong. Dengan kereta dorong yang nyaman, bayi bahkan dapat tertidur di dalamnya dengan nyenyak.

Mungkin ayah dan ibu telah tahu jika bayi dapat menjadi amat rewel saat mereka telah merasa lelah atau mengantuk. Bayi mempunyai cara yang berbeda-beda untuk menunjukkan alangkah tidak nyamannya mereka. Satu hal yang pasti, bayi akan memberitahu bapak dan ibu dengan cara menangis appabila dia memerlukan tidur. Bayi yang cepat tertidur tentunya akan membuat bapak dan ibu lega.

Tetapi tidak seluruh bayi dapat tertidur dengan cepat. Sebagian bayi memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat terlelap, apalagi jika bayi harus tertidur di dalam stroller. Untuk itu mempunyai stroller yang nyaman tentu akan sangat menolong bayi tertidur dengan cepat dan nyenyak.

Banyak fitur-fitur pada kereta dorong yang dapat kita gunakan untuk memberi kenyamanan bayi yang dapat membantunya supaya tidur dengan nyaman. Perangkat tambahan seperti kanopi sampai handle yang bisa diputar bisa kita manfaatkan supaya bayi dapat menikmati ‘suasana’ kamar tidur.

Lalu bagaimana caranya?

Pertama yaitu menyetel dudukan bayi supaya dapat berada pada posisi tertidur. Posisi tidur yang paling alami merupakan tidur dengan posisi terlentang pada dudukan bayi. Tidur dalam posisi duduk bukanlah posisi yang nyaman untuk dapat tertidur pulas.

Kedua yaitu dengan cara membatasi jumlah cahaya yang dapat masuk ke dalam kereta dorong bayi. Sebagian bayi memerlukan ruang yang sedikit gelap supaya dia dapat cepat tertidur. Untuk itu biasanya digunakan kanopi yang ada pada stroller untuk mengurangi sinar yang masuk ke dalam kereta bayi. Tetapi bunda harus berhati-hati dalam menerapkan kanopi stroller, khususnya disaat cahaya sedang terik.

Satu hal yang harus diperhatikan sekiranya kita menerapkan kanopi atau kain yang menutupi stroller yaitu temperatur yang dapat menjadi cukup panas untuk bayi sehingga bunda harus rutin memeriksa situasi bayi.

Alternatif lain yang cukup aman merupakan dengan menerapkan payung anti cahaya ultraviolet untuk memayungi kereta dorong yang kita gunakan supaya peredaran udara pada kereta bayi konsisten bisa terjaga tetapi stroller mungkin menjadi kurang gelap untuk bayi.

Sistem ketiga yaitu dengan memutar dudukan bayi supaya menghadap ke arah bapak dan ibu. Seringkali bayi susah tertidur di daerah yang asing bagi mereka. Daerah yang baru, bunyi yang baru, atau muka-muka yang baru dapat membikin bayi merasa tidak nyaman. Dengan memutar handle supaya bayi dapat menghadap ke arah kita, bayi dapat merasa lebih aman dan nyaman sebab ada seseorang yang mereka kenali dengan baik.

Keempat yaitu dengan membuat buah hati merasa sejuk. Bayi yang terbiasa menerapkan AC apabila berada di dalam rumah, apabila berada di luar rumah membuatnya berkeringat cukup banyak. Apabila tertidur dalam stroller yang panas membuatnya gelisah dan sering kali terbangun.

Apabila ayah dan ibu mengalami hal yang sama, ibu dapat membuat stroller lebih sejuk dengan menerapkan kipas portable. Menetapkan kipas ini juga membuat stroller mempunyai peredaran udara yang baik jika kita menerapkan kanopi stroller.

Memastikan bayi dapat tidur dengan cukup selama dalam perjalanan menggunakan stroller bisa menolong untuk membuat perjalanan keluarga menjadi menyenangkan.

Baca Juga: Stroller Bayi Yang Bagus