Generator Ukuran Apa yang Akan Anda Butuhkan? Ini Panduannya

Memiliki generator yang dapat menangani semua kebutuhan pembangkit listrik Anda adalah salah satu aspek paling penting dari kehidupan Anda. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan apakah genset yang Anda peroleh tersebut dapat memenuhi kebutuhan spesifik Anda sehingga dapat melakukan apapun dengan baik dan menempatkan tekanan yang semestinya pada unit, serta tidak merusak perangkat yang terhubung pada genset tersebut. Sayangnya, menentukan ukuran genset yang harus diambil seringkali sangat sulit dan melibatkan sejumlah faktor dan pertimbangan. Berikut ini adalah panduan menentukan ukuran genset yang Anda butuhkan.

  1. Jumlahkan kebutuhan daya peralatan dan perangkat yang ingin Anda gunakan.

Buat daftar peralatan dan perangkat yang ada di rumah dan perangkat yang harus dinyalakan. Lalu, jumlahkan total daya yang dibutuhkan.

  1. Tambahkan watt semua bola lampu yang ingin Anda gunakan.

Selain peralatan dan perangkat, Anda juga perlu memperhatikan tentang pencahayaan di rumah Anda. Ada berapa jumlah lampu dalam satu rumah dan berapa yang harus dinyalakan? Jumlahkan semua daya lampu dengan jumlah daya perangkat.

  1. Temukan total amp yang Anda butuhkan dengan membagi watt dengan volt.

Setelah menjumlahkan semua daya, Anda telah menemukan total daya yang dibutuhkan untuk menghidupkan rumah Anda menggunakan genset. Berikutnya, Anda perlu menghitung total amp (satuan daya genset) yang dibutuhkan genset Anda untuk menghidupkan semua yang Anda butuhkan dengan membagi watt dengan volt.

  1. Pilih generator yang menghasilkan lebih banyak amp dari yang Anda butuhkan.

Setelah Anda menemukan total amp yang Anda butuhkan. Sekarang, Anda tinggal menentukan genset yang tepat. Untuk mendapatkan genset yang tepat, Anda bisa memilih genset yang mampu menghasilkan daya amp lebih banyak dari total amp yang Anda butuhkan tersebut. Hal ini dikarenakan beberapa mesin menarik hingga 3 kali lebih banyak daya saat memulai, dan yang lain kehilangan efisiensi dari waktu ke waktu. Untuk hal itu, pilihan genset yang terbaik adalah generator stasioner yang dipasang permanen.

Itulah panduan menentukan ukuran genset yang Anda butuhkan. Untuk Anda yang ingin memperoleh genset murah, namun berkualitas, Anda dapat memperolehnya melalui Hartech. Hartech adalah sebuah perusahaan manufaktur genset yang menjual genset, dan produk spare part/suku cadang genset yang original dan lengkap dengan harga yang bersaing. Tidak hanya menjual genset, Hartech juga melayani jasa penyewaan dan perawatan genset (layanan purnajual) dengan jangkauan sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lanjut, Anda bisa mengakses official website Hartech di www.hartech.co.id.

 

 

Baca Juga : ACP